Program Keberlanjutan Kadin Indonesia

Kadin Indonesia

Program Keberlanjutan (Sustainability) yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia adalah bagian dari upaya Kadin dalam mendukung penyelenggaraan beberapa aspek, yaitu:

a. Perdagangan karbon.

b. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG).

c. Environment, Social, dan Good Governance (ESG).

d. Pengembangan ekowisata.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) membuat Indonesia menjadi pemimpin dunia dalam upaya mengatasi perubahan iklim berbasis pasar, dengan tujuan memulihkan ekonomi secara berkelanjutan.

Potensi perdagangan karbon di Indonesia diperkirakan mencapai Rp 350 triliun dan dapat memberikan peluang usaha yang signifikan bagi para pengusaha. Selain itu, perdagangan karbon di Indonesia diperkirakan dapat mencapai US$ 300 miliar per tahun, yang akan muncul dari berbagai kegiatan, seperti restorasi hutan, penggunaan energi terbarukan, praktik rumah tangga yang berkelanjutan, dan pengelolaan limbah yang lebih baik.

Dalam rangka mencapai tujuan keberlanjutan, program Sustainability mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) dan penerapan Environment, Social, dan Good Governance (ESG) dalam bisnis. Hal ini melibatkan upaya untuk mengurangi emisi karbon (dekarbonisasi) dan meningkatkan investasi dalam sektor bisnis yang ramah lingkungan.

Selain itu, Pemerintah dan pelaku usaha bersama-sama mengembangkan ekowisata yang menekankan pentingnya konservasi alam, pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, dan pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengubah paradigma pariwisata, sehingga tidak hanya fokus pada jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia, tetapi juga pada keberlanjutan alam dan masyarakat setempat.

Untuk mengakselerasi program ini, Kadin Indonesia membentuk Kelompok Kerja (Pokja) ESG yang telah membuat panduan khusus pengintegrasian ESG ke dalam kegiatan operasional perusahaan ke arah yang berkelanjutan. Integrasi ESG diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menyusun kerangka pengembangan usaha berdasarkan prinsip investasi yang bertanggung jawab.

Untuk informasi yang komprehensif mengenai panduan ESG dapat diakses di website https://esgtaskforcekadin.id/

(source: https://kadin.id/program/keberlanjutan/)


 

Diberdayakan oleh Blogger.