Agenda World Water Forum Ke-10


Indonesia akan menjadi tuan rumah World Water Forum di Bali ke-10 (10th WORLD WATER FORUM) pada 18-25 Mei 2024 di Bali, Indonesia. Tema acara yakni "Water for Shared Prosperity". Forum air terbesar di dunia ini akan menyatukan para pemangku kepentingan untuk mengembangkan rencana jangka panjang untuk memecahkan tantangan global dalam hal sumber daya air.

 

Hari, tanggal: Sabtu, 18 Mei 2024 - Sabtu, 25 Mei 2024

Lokasi: Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Indonesia.

 

Mekanisme pertemuan World Water Forum 2024 terbagi dalam tiga proses yang saling berkaitan, yaitu political process, thematic process, dan regional process. Ketiga proses ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemimpin negara, menteri, pemimpin daerah, akademisi, peneliti, hingga generasi muda yang akan saling bertukar pikiran. Political Process akan terbagi dalam lima segmen, yaitu head of states/government, ministerial, parliamentarian, local authorities, serta basin authorities. Seluruh proses di tahap ini akan menghasilkan Ministerial Declaration yang merefleksikan masukan substansi dari proses tematik dan regional.

 

Terdapat 280 sesi dalam World Water Forum ke-10, termasuk 55 side events, serta 10 special sessions. Rangkaian acara akan dibuka dengan Balinese Water Purification Ceremony yang merupakan salah satu ritual adat khas Bali dengan konsep kegiatan Rahina Tumpek Uye dan Upacara Segara Kerthi.

 

DAFTAR ACARA WORLD WATER FORUM 2024

Acara World Water Forum 2024 akan digelar selama sepekan di Bali, mulai dari tanggal 18 sampai 25 Mei 2024. Rangkaian acara World Water Forum ke-10 akan diawali dengan Upacara Penjernihan Air Bali yang merupakan salah satu ritual adat Bali yang memanfaatkan konsep Rahina Tumpek Uye dan Upacara Segara Kerthi.

 

Berikut rangkaian acara World Water Forum 2024:

# 20 Mei 2024: Upacara Pembukaan (Opening Ceremony) dan Pertemuan Tingkat Tinggi (High-Level Meeting) di BICC, Nusa Dua. Dilanjutkan dengan pertemuan antarmuka (interface meetings) dengan pihak-pihak terkait untuk proses politik, tematik, dan regional, serta pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara.

 

# 20 Mei 2024: Pembukaan Fair and Expo bertempat di Nusa Dua Hall BNDCC. Untuk lokasi Fair and Expo ini akan tersebar di BNDCC, BICC, dan Pantai Kuta.

# 20-24 Mei 2024: Sesi politik, tematik, dan proses regional World Water Forum 2024.

 

# 20-21 Mei 2024: Pertemuan Tingkat Tinggi (High-Level Meeting) dan Pertemuan Tingkat Menteri (Ministerial Meeting).

# 24 Mei 2024: Malam Budaya (Cultural Night) (Perpisahan/Farewell) di Taman Bhagawan. Para tamu akan disuguhi makanan khas, tarian daerah, serta pertunjukan kebudayaan Indonesia.

 

# 25 Mei 2024: Upacara penutupan. Setelah rangkaian kegiatan World Water Forum selesai, para peserta juga akan diajak field trip menikmati keindahan Bali seperti Museum Air di Tabanan, Jatiluwih UNESCO World Heritage Site, Danau Batur Kintamani, dan Cultural Village Ubud.

 

(source: www.cnbcindonesia.com & www.detik.com)

Diberdayakan oleh Blogger.